Senin, 17 Agustus 2015

11 yang tidak boleh dilakukan dalam presentasi

Gagalnya presentasi karena mereka melakukan 11 hal ini

1. Melakukan hal yang sama terus menerus
Dalam presentasi jika anda melakukan hal yang  sama terus menerus, maka hal tersebut akan  membuat peserta merasa bosan,  cobalah untuk membuat variasi gerakan untuk membut presentasi  anda lebih menarik.
2. Membaca catatan kata demi kata
Jika anda  membaca catatan kata demi kata maka hal tersebut mengalihkan anda untuk melihat kepada peserta dan akan  memberikan dampak pada  kegugupan anda.
3. Berbicara terlalu detail
Pilihlah kata kunci anda. Buat  kalimat tersebut mudah sehingga inti pesan dapat dipahami oleh audience.

4. Menggunakan terlalu banyak istilah teknis
Gunakanlah bahasa sehari‐hari yang dipahami oleh peserta. Kata‐kata teknis, kalimat‐kalimat asing dan istilah‐istilah teknis yang biasa anda sampaikan pada  keseharian anda mungkin tidak dipahami oleh peserta. Jangan biarkan istilah teknis membuat jarak antara anda dan peserta.
5. Terdengar membosankan, lemah atau lelah
Tingkatkan energi. Jika anda tidak  memiliki semangat dan antusiasme pada topik yang anda bicarakan –bagaimana anda  mengharapkan  peserta akan  memiliki semangat ? Inspirasi peserta dengan semangat dan antusiasme anda.

6. Bergerak Naik Turun
Terlalu banyak bergerak naik turun akan membuat peserta mengalihkan perhatiannya
dari anda, cobalah untuk berada pada posisi diam sekali‐sekali dan bergerak sekali‐
sekali.

7. Terdengar datar
Cobalah memberikan nada suara sehingga peserta tidak mendengarkan suara yang monoton.

8. Bergumam
Pastikan suara anda mudah didengar. Peserta dapat merasa frustasi ketika mereka tidak dapat mendengar pembicara. Suara anda harus jelas dan mudah didengar.

9. Tergantung pada Teknologi
Anda adalah hal yang paling penting–pastikan peserta melihat anda dan tidak hanya powerpoint anda.

10. Berdiam kaku disatu tempat
Jangan biarkan ketakutan membuat anda membeku disatu tempat. Bergeraklah!.

11. Menghindari tatapan mata ke peserta
Buatlah tatapan mata  dengan peserta anda. Buat  kesan bahwa anda  melihat pada
setiap orang– jangan hanya menatap 1 atau 2 orang saja..

0 komentar:

Posting Komentar